Monday, November 12, 2012

Antara Madinah, Rumah Sakit dan Zona Waktu Tak Berujung

Kayaknya gak afdol kalau belum nulis tentang Tenda Mina. Walaupun 2 tahun sebelum berangkat Yaya sudah mempersiapkan diri menghadapi Tenda Mina dengan baca-baca blog orang, liat-liat foto..

PERCAYALAH, Tenda Mina menurutku adalah Uji Nyali Terbesar selama hidup Yaya.

Gak lebay dehh. Beneran.

Jadi gini, karena perjalananku kemarin kan ke Madinah dulu selama 6 harianlaah. Di Madinah itu kita bener-bener kayak dimanja di hotel, tiap jam makan tinggal ke ruang makan atau kalau mau jajan-jajan tinggal nyebrang.

Pojok Favorit
Apple pienya enaakk
Life was great di Madinah....

Dari Madinah kita pindah ke Apartement Transit, ceritanya buat istirahat 3 hari menjelang Wukuf.


Kalau dari lift ke kanan, masuk..di situ ada kamar lagi. Di situlah kamarku

Kamarkuuu

Ruang Makan




Ruang Ngumpul/ sharing
Tempat jemur baju :p



Dan di hari keberangkatan ke Arafah, paginya Yaya dibawa ke RS akhirnya. Awalnya sih batuk-batuk biasa sampai akhirnya mual-mual dan gak bisa bangun. Sampe dipaksa sama temen sekamarku yang akhirnya manggil mutthawifnya buat nganterin Yaya ke dokter.

*ketok-ketok meja* jangan sampeeeee kejadian lagi deh, ke RS pas di negara orang. Bukan apa-apa, ribet jelasin history kesehatannya :(

Malah sampe ampir disuntik pula, tapi aku nolak yang akhirnya dikasih obat aja. By the way booow, itu RSnya gede beneeerrrr. Udah lemas disuruh nyari ruang dokternya sendiri pula..Alhamdulillaaah obatnya tokcerrr bangeeet, karena pas malamnya berangkat ke Arafah Yaya udah segaran.


Beginilah keadaan Tenda di Arafah, yang menurut Yaya masih jauh lebih baik yaa. Mungkin karena kita nyampenya pas malam hari, jadi karena ngantuk udah gak begitu peduli sama keadaannya. Malam hari sih tampak asyik yaa suasananya..besoknya doonk. siangnyaaa, menjelang makan siang....

saya...errr...ehemmm...Pingsan. Gara-garanya pas ngantri makan pas sinar matahari lagi cerah cerianya. Abis itu sampe ada dokter Malaysia datang meriksa tensi sampe teriak: TENSI KAMU RENDAH BANGET!! Gak makan yaa???

Pengen siih jawab: saya kan mau antri dok, tapi keburu pingsan..
tapi kadung lemes. Akhirnya sama dokter obat-obat yang dikasih dari RS dia periksa lagi. Mungkin ada hikmahnya juga aku pingsan, karena dia nemuin obat yang kalau Yaya makan bisa tambah kleyengan.




Duluu aku pikir tuh antara Wukuf dan Mabit dan pindah ke Tenda Mina itu ada selang jeda waktunya.

Ternyataaaaa TIDAAKKKKKK...


Jadi yaa kita meninggalkan Arafah besoknya setelah sholat Maghrib, which by the way kita harus berjalan rada jauh dari tenda ke bis. Abis itu kita menuju Muzdalifah yang subhanallaah di bis I'M FREEZING COLD ditambah sakit maagku kambuh. Perjalanannya lupa berapa lama, tapi Alhamdulillaah Yaya bertahan sampe Muzdalifah bis berenti dan kita semua turun dan kembali berjalan menuju perbatasan Mabit.

Abis sampai perbatasan Mabit, kita balik arah lagi ke bis menuju langsung ke Masjidil Haram buat Tawaf dan Sa'i Ifadha.

Malam itu Yaya merasa lagi di zona waktu tak berujung banget deh. Subhanallaah...


Tawaf dan Sa'i berakhir jam 7an pagi.


Saat kamu berpikir, "horeee bisa istirahaat!!"

WROOONG...


Kita lanjut ke Tenda Mina...


JREEEENGG...JREEEENGG....

No comments:

Post a Comment